Paguyuban Pekerja Muda Peduli(PPMP YCW) INDONESIA

Selasa, 28 April 2009

Pengangguran Menghantui negeri ini,,,

Pengangguran Menghantui negeri ini,,,
Kaum Buruh di Upah rendah
Tidak mempunyai jaminan masa depan karena kerja kontrak,
Rakyat Kini sudah termiskinkan…
Jauh sebelum krisis keuangan global, keadaan ekonomi Indonesia tidak membaik sejak krisis moneter melanda Negara ini tahun 1997. Buruknya keadaan ekonomi di tandai dengan kemiskinan, kelaparan dan busung lapar. Pada tahun 2005 Bank dunia menyatakan hampir separuh rakyat Indonesia berpendapatan rendah antara USD 1-2 /hari atau berada dalam keadaan miskin, karena sistem Upah murah yang mengakibatkan Pada tahun 2008 jumlah penduduk miskin di Indonesia cukup banyak, yakni 34,96 juta jiwa (15,4%), kemiskinan ini kita bisa lihat berdasarkan dari pendapatan upah yang di terima buruh /hari rendah. Para Pekerja tersebut rata - rata rnendapatkan upah kurang dari Rp 600.000 setiap bulannya. Jika seluruh pendapatannya tersebut dibagikan dengan jumlah tanggungan, maka setiap orang tenaga kerja dengan jumlah penduduk sebesar; 222.051.000 jiwa angka ketergantungan di Indonesia mencapai 2.33 jiwa /setiap orang yang bekerja masing-masing orang hanya memperoleh pendapatan perhari sebesar Rp 8.583 / hari (kurang dari USD 1-2).
Keadaan ini juga di perparah dengan adanya system kerja kontrak dan outsorcing dimana setiap buruh tidak lagi mendapatkan kepastian kerja karena sewaktu-waktu pengusaha dapat memPHK pekerjanya tanpa mendapatkan uang pesangon sepeserpun. buruh kontrakpun rentan dengan adanya diskriminasi baik diskriminasi upah maupun diskriminasi pekerjaan.dampak dari krisis global ini pun mengakibatkan banyak pabrik- pabrik yang tutup dengan alasan pailit atau efisiensi/pengurangan tenaga kerja sehingga menimbulkan terjadinya PHK masal. Untuk di kota bandung sendiri di tahun 2009 ini tepatnya bulan juni akan terjadi PHK masal kurang lebih 30.000 orang akan kehilangan pekerjaan.
belum lagi pengangguran lama dan angkatan kerja baru yang sebentar lagi lulus sekolah akan menambah banyak jumlah pengangguran di Indonesia. Dalam catatan tahun 2009 ada 116,5 juta orang di Indonesia menjadi pengangguran. Dari perkiraan jumlah penduduk 228,9 juta orang, sebanyak 168,9 juta jiwa atau 73,3% diantaranya penduduk usia kerja. Dari jumlah ini,116,5 juta orang atau 69% dari penduduk usia kerja di pastikan menyerbu pasar keja karena pertumbuhan ekonomi belum jelas besarannya.
Dari kondisi tersebut di atas bisa kita gambarkan realita kehidupan masyarakat Indonesia terutama para buruh dan pengangguran di tengah himpitan kebutuhan ekonomi yang tinggi dan sempitnya lapangan pekerjaan, menyebabkan daya beli masyarakat menurun dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya, selain itu juga minimnya jaminan perlindungan social dan kesehatan bagi buruh beserta keluarga.
Untuk itu di hari buruh sedunia ini kami Organisasi gerakan Pemuda Pekerja Dan pengangguran yang tergabung Dalam Paguyuban Pekerja Muda Peduli PPMP-YCW Indonesia menyatakan sikap Dan Menuntut :
1. Hentikan segala Bentuk tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sewenang wenang Oleh Perusahaan

2. Berikan upah yang layak Untuk semua Pekerja

3. Hapuskan Sitem kerja Kontrak, dan outcourcing.

4. Kebebasan berorganisasi dan berserikat tanpa Intimidasi dan diskriminasi



5. Berikan hak-hak dasar bagi Pekerja/buruh baik normative maupun non normative, dan Berikan Perlindungan sosial jamsostek kepada pekerja/buruh

6. Selesaikan segera kasus-kasus perburuhan yang terjadi di setiap perusahan atau Pabrik secara adil.

7. Berikan Kesempatan kerja yang adil dan layak bagi masyarakat/penganguran tanpa ada syarat-syarat administrasi/keuangan.

8. Berikan Jaminan Perlindungan sosial dan Pasilitas kesehatan dan Pendidikan gratis yang Berkwalitas Untuk rakyat Miskin

9. Berikan Perlindungan sosial dan Pasilitas Modal dan Usaha Untuk Pengangguran

10. Turunkan Harga Sembako.
Dan untuk Itu kami serukan Kepada semua Pemuda Pekerja atau pun Pengangguran entah Itu Perempuan dan Laki laki yang di desa maupun dikota untuk Ikut Terlibat dan Bergabung bersama kami untuk mengambil peran dan bertanggung jawab sebagai kaum Muda atas kondisi Kemiskinan ini yang telah di buat oleh adanya kepentingan dan keserakahan kaum Pemilik Modal yaitu Pengusaha, dengan cara bergerak dan berjuang bersama melalui Organisasi Gerakan rakyat.

Karena tak ada kawan sejati dalam perjuangan yang lahir dari kepentingan yang berbeda,
kawan sejati dalam perjuangan adalah kita yang lahir dari kepentingan yang sama,
Yang akan menjadi kawan sejati dalam perjuangan kita,
mereka yang lahir dari kepentingan bersama yaitu sesama kaum Pekerja, karena kita lahir sebagai Pekerja, maka kepentingan kita sama
Selebaran Ini di keluarkan Oleh

PAGUYUBAN PEKERJA MUDA PEDULI
( PPMP-YCW ) INDONESIA
Sekretariatan :
Komplek perumahan: Metro Jl. Mars utara No. 247 Bandung – Indonesia
Contak : Tlp. 022-7510760,
Contak Person : Ikin 081910231976, Nanang 022 92528003

0 Comments:

Paguyuban Pekerja Muda Peduli (PPMP-YCW Indonesia)


Jl: Mars Utara, KAV-247/57 Sekejati
Bandung-Jawa barat-Indonesia
Phone: 0227510760
Email: ppmp_ycwindonesia@yahoo.com
 

blogger templates 3 columns | Make Money Online